Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe problem solving dengan teknik mind mapping. Penelitian yang dilakukan dengan subjek 37 orang siswa ini merupakan suatu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana tiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes serta angket. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe problem solving dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan redoks, serta. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I 5,62 dengan daya serap 56,20% serta ketuntasan belajar sebesar 32,44%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 7 dengan daya serap 70% serta ketuntasan belajar sebesar 64,80%. Sedangkan pada silus III nilai rata-rata siswa naik menjadi 8,18 dengan daya serap 81,89% serta ketuntasan belajar sebesar 89,18%. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe problem solving dengan teknik mind mapping ini juga memperoleh respon positif dari siswa. Respon positif siswa dilihat dari hasil analisis angket yang menunjukkan sebanyak 19 siswa merespon sangat baik sedangkan 18 siswa memberi respon baik
Copyrights © 2021