Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia
Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Solving dengan Teknik Mind Mapping pada Pokok Bahasan Redoks sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa

Silvia Syeptiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe problem solving dengan teknik mind mapping. Penelitian yang dilakukan dengan subjek 37 orang siswa ini merupakan suatu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana tiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes serta angket. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe problem solving dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan redoks, serta. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I 5,62 dengan daya serap 56,20% serta ketuntasan belajar sebesar 32,44%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 7 dengan daya serap 70% serta ketuntasan belajar sebesar 64,80%. Sedangkan pada silus III nilai rata-rata siswa naik menjadi 8,18 dengan daya serap 81,89% serta ketuntasan belajar sebesar 89,18%. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe problem solving dengan teknik mind mapping ini juga memperoleh respon positif dari siswa. Respon positif siswa dilihat dari hasil analisis angket yang menunjukkan sebanyak 19 siswa merespon sangat baik sedangkan 18 siswa memberi respon baik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPVR

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia (JVPR) difokuskan untuk penelitian dan studi ilmiah di bidang pendidikan, khususnya di bidang pendidikan vokasi. JPVR menerima semua artikel yang berkaitan dengan pendidikan, dan akan di-review oleh mitra bestari dengan kompetensi yang sesuai dengan artikel yang ...