Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia
Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia

Penerapan Teknik Group Investigation untuk Meningkatkan Partisipasi Berbicara Bahasa Inggris

Dedi Romadhon (Politeknik Raflesia)
Bayu Putra Irawan (Politeknik Raflesia)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Group Investigation dapat meningkatkan partisipasi berbicara siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data-data yang didapat adalah dari sumber lembar observasi, daftar, dan rekaman video. Dalam penelitian ini partisipasi siswa berbicara ditentukan menjadi tiga kategori, antara lain Aktif, Cukup Aktif, dan Tidak Aktif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengajaran berbicara melalui teknik Group Investigation dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam berbahasa. Pada akhir penelitian para siswa telah menunjukkan respon yang positif. Mereka tampak antusias, berpartisipasi dan terlibat secara aktif dan lebih percaya diri untuk berbicara. Berdasarkan analisis data peneliti yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbicara dengan menggunakan teknik Group Investigation merangsang siswa untuk berbicara dan dapat meningkatkan partisipasi berbicara siswa didalm kelas. Secara keseluruhan, teknik Group Investigation dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar terutama dalam pembelajaran berbicara untuk meningkatkan partisipasi siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPVR

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia (JVPR) difokuskan untuk penelitian dan studi ilmiah di bidang pendidikan, khususnya di bidang pendidikan vokasi. JPVR menerima semua artikel yang berkaitan dengan pendidikan, dan akan di-review oleh mitra bestari dengan kompetensi yang sesuai dengan artikel yang ...