Berkala Ilmiah Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2021): Berkala Ilmiah Pendidikan

Tingkat Karakter Remaja IRMAS (Ikatan Remaja Masjid) terhadap Pengendalian Diri

Evia Darmawani (Universitas PGRI Palembang, Indonesia)
Riska Diana (Universitas PGRI Palembang, Indonesia)
Syska Purnama Sari (Universitas PGRI Palembang, Indonesia)
Arizona Arizona (Universitas PGRI Palembang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui berapa tingkat pengendalian diri anggota Irmas Lubuk Lancang dan tingkat nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, dengan melakukan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja masjid Desa Lubuk Lancang Kecamatan Suak Tapeh sebanyak kurang lebih 40 orang. Jumlah sampel diambil dari tabel Krejcie and Morgan menjadi 36 orang. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 83.3% atau sebanyak 30 sampel remaja masjid memiliki nilai – nilai karakter yang termasuk kepada kategori sedang, dan 16.7% sebanyak 6 remaja masjid termasuk kepada kategori tinggi. 83.3% atau sebanyak 30 sampel remaja masjid pengendalian diri yang termasuk kepada kategori sedang, dan 16.7% sebanyak 6 remaja masjid termasuk kepada kategori tinggi. Nilai-nilai karakter yang paling berkembang adalah Olah Pikir yang tertinggi yaitu 25% sebanyak 9 remaja msjid dibandingkan dengan Olah Hati yang tertinggi 14% sebanyak 7 remaja masjid. Sedangkan pada Pengendalian Diri aspek yang paling berkembang adalah Pencapaian Tujuan yaitu 28% sebanyak 10 remaja masjid.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Berkala Ilmiah Pendidikan (Online ISSN 2775-5312) publishes original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal ...