Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran berbasis komputer pada anak usiadini di TK Surakarta, materi apa yang dapat diajarkan pada pembelajaran berbasis komputerpada anak usia 4-6 tahun dan standar kompetensi yang dapat dicapai dalam pembelajaranberbasis komputer anak usia dini sehingga dapat menjadi sarana penunjang aspek-aspekperkembangan anak usia dini.Penelitian ini mengunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek dalampenelitian ini adalah anak-anak Taman kanak-kanak umur 4-6 tahun di Surakarta padasekolah yang memberikan pembelajran berbasis teknologi komputer. Teknik pengumpulandata mengunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan pada saatpelaksanaan pembelajaran berbasis komputer.Hasil dari penelitiana menunjukkan bahwa dalam pembelejaran berbasis komputer aspekperkembangan moral, motorik, bahasa, kognitif, seni, sosial emosi anak dapatdikembangkan. Materi pembelajaran berhubungan dengan keaksaraan atau bahasa, social,matematika dan sains.Kata Kunci : Pembelajaran berbasis Komputer, Standar Kompetensi, Anak Usia Dini
Copyrights © 2017