Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Geografi

Inten Indrayani (Unknown)
Sumadi Sumadi (Unknown)
Yarmaidi Yarmaidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2020

Abstract

This research aims to determine the effect of the application of think pair share type cooperative learning models to the learning activities and learning outcomes of students of class XI IPS in Yadika Bandar Lampung High School.  The research method used in this study is Quasi Experiment. Data collection uses test techniques to measure student learning outcomes.  Observation technique to obtain data from the teaching and learning process in class and documentation.  The subjects of this study were students of class XI IPS 1 and XI IPS 2 totaling 52 students.  The results showed that: (1) there were differences in learning activities between classes using the TPS type model and those who did not.  (2) there are differences in learning outcomes between classes that use the TPS type model and those that do not.  (3) there is an influence of the use of TPS type learning models on geography learning outcomes.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap  aktivitas dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMA Yadika Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen Semu (Quasi Eksperimen). Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik Observasi untuk memperoleh data dari proses kegiatan belajar mengajar di kelas dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 berjumlah  52  siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan aktivitas belajar antara kelas yang menggunakan model tipe TPS dengan yang tidak. (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model tipe TPS  dengan yang tidak. (3) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran  tipe TPS  terhadap hasil belajar geografi.Kata kunci: aktivits, hasil belajar, pembelajaran think pair share

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Earth & Planetary Sciences Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Geografi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal ini berisikan kumpulan karya ilmiah dalam bentuk artikel baik berupa skripsi, tesis, ataupun ...