Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Vol 4, No 6 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)

KENDALA GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP KECAMATAN LABUHAN RATU TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Fahmi Astathi (Unknown)
Zulkarnain Zulkarnain (Unknown)
Rahma Kurnia Sri Utami (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2016

Abstract

Purpose research is to know information constraints found of learning on the map chapter. This research method is qualitative methods descriptive form of a case study. Totalied population are 18 teachers and sampling purposive amounted to 2 teachers. Data are collected by using the interview, observation, and documentation. The data were analyzed using descriptive analysis. The results of this research is the teacher is less mastering the map material because the teacher's educational background, delivery of material does not refer to the RPP and syllabus, teacher mindset to the material effect the material delivered, the teacher is less mastering the method of learning, the teacher is less use of instructional media, teachers are less precise in choosing evaluation techniques, teachers are not aware of the problem that arise within the learning process and after learning.Tujuan penelitian untuk mendapatkan informasi kendala dalam pembelajaran IPS Terpadu pada materi peta. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskripsi bentuk studi kasus. Populasi berjumlah 18 guru dan pengambilan sampel purposif berjumlah 2 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kurang menguasai materi peta karena latar belakang pendidikan guru, penyampaian materi tidak merujuk pada RPP dan silabus, pola pikir guru terhadap materi mempengaruhi materi yang disampaikan, guru kurang menguasai metode pembelajaran, guru kurang memanfaatkan media pembelajaran, guru kurang tepat dalam memilih teknik evaluasi, guru tidak menyadari kendala yang muncul didalam diri saat proses pembelajaran berlangsung maupun setelah berlangsungnya pembelajaran.Kata Kunci: IPS Terpadu, kendala, materi peta, pembelajaran.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Earth & Planetary Sciences Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Geografi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal ini berisikan kumpulan karya ilmiah dalam bentuk artikel baik berupa skripsi, tesis, ataupun ...