Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di SMA Negeri Kabupaten Muna. Populasi penelitian ini sebanyak 424 siswa pada kelas X MIA SMA Negeri 1 Raha, SMA Negeri 1 Watopute dan SMA Negeri 1 Napabalano tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini terdiri atas dua kelas yang ditentukan dengan teknik probability random samplingyaitusimple random sampling.Rancangan penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design.Instrumen pengambilan data berupa tes essay. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest,posttest dan N-gain masing-masingadalah 50,16, 83,74 dan 0,69 sedangkan pada kelas kontrol adalah 48,41, 79,45 dan 0,61.Data dianalisis dengan menggunakan uji Anova pada taraf signifikan α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di SMA Negeri Kabupaten Muna.Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis.
Copyrights © 0000