Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan guru biologi tentang Standar Proses Kurikulum 2013 di SMA Negeri Kota Kendari, (2) Untuk mengetahui penerapan Standar Proses Kurikulum 2013 di SMA Negeri Kota Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang hanya menggambarkan keadaan atau status fenomena. Fenomena yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu tentang kemampuan guru mata pelajaran biologi SMA Negeri Kota Kendari dalam menerapkan standar proses kurikulum 2013. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan pada penelitian ini yaitu teknik purpose sampling, yang merupakan pengambilan secara sengaja sesuai dengan persyaratan tertentu. Sampel dalam penelitian ini yaitu : (1) SMA Negeri 1 Kendari, (2) SMA Negeri 4 Kendari, (3) SMA Negeri 5 Kendari, (4) SMA Negeri 6 Kendari, dan (5) SMA Negeri 9 Kendari. Data dianalisis secara deskriptif dengan melihat persentase rata-rata kemampuan guru dalam penyusunan RPP dan kemampuan guru dalam menerapkan standar proses kurikulum 2013 sesuai dengan RPP yang telah disusun. Kompetensi guru mata pelajaran biologi di SMA Negeri kota Kendari jika dilihat dari kemampuan dalam penggunaan RPP kurikulum 2013 dalam pembelajaran dalam ada tiga indikator dengan persentase rata-rata terendah adalah penerapan model pembelajaran yaitu sebesar 80%, pemanfaatan sumber belajar dengan media pembelajaran dengan nilai 81%, dan penerapan strategi pembelajaran yaitu 83%. Untuk indikator tertinggi dalam penggunaan RPP kurikulum 2013 dalam pembelajaran yaitu penyampaian kompetensi dan rencana kegiatan rata-rata 95%. Kata Kunci: standar proses, pembelajaran biologi, kurikulum 2013
Copyrights © 0000