Jurnal Biofiskim: Pendidikan dan Pembelajaran IPA


PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA SMA

Barti, Barti (Unknown)
Muzuni, Muzuni (Unknown)
Jahidin, Jahidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi peningkatan Kemampuan berpikir kritis memalui penerapan model  Problem Based Learning (PBL). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Kusambi dan SMA Negeri 1 Watopute yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability random sampling. Jenis penelitian adalah quasi experiment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis yang ditunjukkan oleh nilai N-gain dari rerata nilai pretest ke posttest siswa. Nilai N-gain kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model PBL yakni pada SMA Negeri 1 Kusambi 0,63 dan SMA Negeri 1 Watopute 0,58. Sedangkan untuk model pembelajaran langsung yakni pada SMA Negeri 1 Kusambi 0,22 dan SMA Negeri 1 Watopute 0,26. Ada pengaruh model PBL terhadap keterampilan berpikir kritis yang ditunjukkan dengan signifikansi 0,000 pada α 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model PBL memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis. Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, problem based learning, siswa SMA

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

Biofiskim

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Biofiskim untuk Pendidikan dan Pembelajaran IPA (JBPPI) merupakan jurnal untuk peneliti, guru , dan pengembang kurikulum IPA pada semua level pendidikan IPA. JBPPI terbit dua kali setahun secara elektronik pada bulan april dan Oktober. Tulisan yang dapat dimuat pada jurnal ini meliputi: hasil ...