Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi belajar dan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar kimia peserta didikkelas X IPA SMAN se-Konawe Kepulauan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif korelasional dengan desain ex post facto. Sampeldalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA SMAN se-Konawe Kepulauan yang berjumlah 150 orang. Penentuan besarnya sampel pada setiap kelas dilakukan secara proporsional, sedangkan teknik penarikan sampel pada setiap kelas dilakukan secara acak/ random sampling. Data penelitian diperoleh melalui: angket/kusioner dan dokumentasi Hasil analisis data menunjukkan: 1) motivasi belajar dan sikap ilmiah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar kimia; 2) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar kimia;dan 3) sikap ilmiah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar kimia.Kata Kunci: Motivasi Belajar, Sikap Ilmiah, Prestasi belajar kimia
Copyrights © 0000