Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah - ALIANSI
Vol. 4 No. 2 (2021): Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah : Aliansi

PENGARUH KEBUTUHAN PRIBADI, TESTIMONI DAN SELEBGRAM TERHADAP MINAT PEMBELIAN ONLINE SHOP MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KASUS PADA SISWA SMAN 1 KAYANGAN KABUPATEN LOMBOK UTARA)

Zara Cahamora Utami (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM)
I Made Suardana (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM)
Erviva Fariantin (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM)
Ni Nyoman Yuliati (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebutuhan pribadi,Brand Image testimony dan selebgram terhadap minat pembelian online shop melalui media sosial instagram dan untuk mengetahui variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap minat pembelian online shop melalui media sosial instagram pada siswa SMAN 1 Kayangan Kabupaten Lombok Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini yaitu metode deskriptif dan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda, dengan data penyebaran kuesioner sebanyak 76 responden yang ditujukan kepada siswa SMAN 1 Kayangan. Hasil penelitian Variabel kebutuhan pribadi, testimoni dan selebgram secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian online shop melalui media sosial instagram (siswa SMAN 1 Kayangan), hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t hitung yang lebih besar dibandingkan dengan t tabel (1,931, 2,027 dan 3,317 >1,66629) dan nilai signifikansinya< 0,05 .Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap minat pembelian online shop melalui media sosial instagram (siswa SMAN 1 Kayangan) dapat diketahui dengan membandingkan nilai koefisien beta masing-masing dari setiap variabel bebas. Maka variabel bebas yang memiliki nilai koefisien beta terbesar daripada variabel bebas lainnya adalah variabel selebgram dengan beta sebesar 0,448..

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

aliansi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Akuntansi Keuangan Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Manajemen Akuntansi Syariah Audit Sektor Publik Akuntansi Perpajakan Akuntansi dan Sistem Informasi Akuntansi Sosial dan Lingkungan Fraud dan Akuntansi Forensik Akuntansi ...