Jurnal Kesehatan dan Olahraga
Vol 1, No 2: September 2017

Penerapan Brain Gym Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pada Siswa Kelas VIII Smp Terpadu Al-Farabi

Nurhamida Sari Siregar (Universitas Negeri Medan)
Fery Juanda (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Brain Gym dalam meningkatkan konsentrasi siswa. Manfaat penelitian ini menambah wawasan tentangpeningkatan konsentrasi siswa melalui penerapanBrain Gym. Metode penelitian merupakan metode eksperimen dengan desain penelitian pre eksperimental design. Instrumen penelitian menggunakan speed anticipation. Teknik analisis data yang digunakan analis kuantitatif, dengan menggunakan uji normalitas, uji shapiro wilk, dan uji t berpasangan. HasilĀ  penelitianmenunjukkan bahwa tingkat konsentrasi siswa sebelum diberi penerapan dengan kriteria baik (0,00%), dan setelah diberi penerapandengan kriteria baik (85,00%), meunjukkan adanyapeningkatan sebesar 85,00%. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai significancy 0,000 (p < 0,05).Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh penerapan Brain Gym dalam meningkatkan konsentrasi siswa. Saran bagi kepala sekolah hasil penelitian dapat jadi acuan pengambilan keputusan belajar mengajar dan bagi guru diharapkan dapat mengaplikasikan penerapan Brain Gym sebelum pembelajaran berlangsung.Kata Kunci: Brain Gym, Konsentrasi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ko

Publisher

Subject

Health Professions

Description

Tulisan yang dimuat dalam jurnal Kesehatan dan Olahraga hanya berkaitan dengan ilmu kesehatan olahraga, tidak memuat tulisan yang berkaitan dengan pendidikan ...