Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Brain Gym dalam meningkatkan konsentrasi siswa. Manfaat penelitian ini menambah wawasan tentangpeningkatan konsentrasi siswa melalui penerapanBrain Gym. Metode penelitian merupakan metode eksperimen dengan desain penelitian pre eksperimental design. Instrumen penelitian menggunakan speed anticipation. Teknik analisis data yang digunakan analis kuantitatif, dengan menggunakan uji normalitas, uji shapiro wilk, dan uji t berpasangan. HasilĀ penelitianmenunjukkan bahwa tingkat konsentrasi siswa sebelum diberi penerapan dengan kriteria baik (0,00%), dan setelah diberi penerapandengan kriteria baik (85,00%), meunjukkan adanyapeningkatan sebesar 85,00%. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai significancy 0,000 (p < 0,05).Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh penerapan Brain Gym dalam meningkatkan konsentrasi siswa. Saran bagi kepala sekolah hasil penelitian dapat jadi acuan pengambilan keputusan belajar mengajar dan bagi guru diharapkan dapat mengaplikasikan penerapan Brain Gym sebelum pembelajaran berlangsung.Kata Kunci: Brain Gym, Konsentrasi.
Copyrights © 2017