Journal of Regional Economics Indonesia
Vol 2, No 2 (2021): Agustus 2021

Analisis Pengaruh Belanja Modal dan Belanja Operasional Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota Malang Tahun 2004-2018

Heru Andrey Styawan (Universitas Merdeka Malang)
Harsono Harsono (Department of Development Economic Study, Faculty of Economics and Business, University of Merdeka Malang)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh belanja modal dan belanja operasional terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Malang tahun 2004-2018. Pertumbuhan ekonomi yang diukur menggunakan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), yang didefinisikan sebagai jumlah atas nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu daerah tertentu. PDRB sebagai salah satu indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi di suatu daerah dalam periode tertentu. Setiap belanja daerah harus dapat dipertanggungjawabkan dan dilaporkan kepada publik atau transparan. Prioritas utama dari belanja daerah adalah pembangunan bagi masyarakat. Untuk menjawab tujuan penelitian, maka analisis data dan pengujian hipotesis dilakukan menggunakan statistik inferensial melalui uji asumsi klasik dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belanja modal dan belanja operasional berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dengan nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,558. Hasil ini menguatkan argumentasi bahwa untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, diperlukan efisiensi dan efektivitas terhadap belanja daerah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrei

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The Journal of Regional Economics Indonesia welcomes studies on the themes of development economics, especially those concerning four main issues, namely: (i) regional finance; (ii) banking; (iii) human resources; and (iv) regional / spatial economics. These four issues are obtained through ...