Journal of Regional Economics Indonesia
Vol 1, No 1 (2020): Februari 2020

Analisis Pengaruh Modal, Usia, dan Pendidikan Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha Skala Mikro (Studi Pedagang Kaki Lima di Kelurahan Gading Kasri, Kota Malang)

Aryanto Nyuru Keiku (Unknown)
Harsono Harsono (Unknown)
Arif Dwi Hartanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel modal, usia, dan pendidikan terhadap pendapatan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kelurahan Gading Kasri Kota Malang. Penelitian ini berjenis kuantitatif yang bertujuan untuk memperoleh pembuktian dari sebuah hipotesis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan penyebaran kuesioner serta pengamatan langsung. Sampel yang digunakan sebanyak 20 PKL dengan teknik sampling acak sederhana (simple random sampling). Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang memakai uji terhadap koefisien regresi secara parsial (uji t) dengan α = 5% menunjukkan ketiga variabel (modal, usia dan pendidikan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan PKL di Kelurahan Gading Kasri Kota Malang. Hasil Uji F dengan α = 5% menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel modal, usia dan pendidikan  berpengaruh terhadap pendapatan PKL di Kelurahan Gading Kasri Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka disarankan pendapatan usaha PKL sebagai pelaku usaha skala mikro dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan modal usaha dan keterampilan.https://doi.org/10.26905/jrei.v8i1.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrei

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The Journal of Regional Economics Indonesia welcomes studies on the themes of development economics, especially those concerning four main issues, namely: (i) regional finance; (ii) banking; (iii) human resources; and (iv) regional / spatial economics. These four issues are obtained through ...