Psikologi Kreatif Inovatif
Vol 1 No 1 (2021): Vol 1 No 1 Bulan April 2021

Hubungan Motivasi Belajar dan Self Efficacy dengan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Psikologi UPI Y.A.I Dalam Masa Pandemi Covid-19

Helen Krisdayanti (Universitas Persada Indonesia Y.A.I)
Anastasia Sri Maryatmi (Universitas Persada Indonesia Y.A.I)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian kuantitatif ini adalah untuk mengetahui hubungan anatara motivasibelajar dan self efficacy dengan hasil belajar pada mahasiswa Psikologi Universitas PersadaIndonesia Y.A.I dalam masa pandemi covid-19. Sampel pada penelitian ini berjunlah 144subjek dengan metode pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukuryang digunakan adalah skala hasil belajar 24 item, motivasi belajar 22 item, dan skala selfefficacy 19 item. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Statistical Product andService Solution (SPSS) versi 25.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis korelasi gandadengan regresi metode enter antara motivasi belaja dan self efficacy dengan hasil belajardiperoleh hasil koefisien korelasi (R) sebesar 0,274 dan p = 0,000< 0,05. Hal tersebutmenunjukkan bahwa terdapat korelasi postif antara motivasi belajar dan self efficacy denganhasil belajar pada mahasiswa Psikologi Universitas Persada Indonesia Y.A.I dalam masapandemic covid-19. Artinya semakin tinggi motivasi belajar dan self efficacy, maka semakintinggi hasil belajar yang akan di dapatkan oleh mahasiswa Psikologi Universitas PersadaIndonesia Y.A.I dalam masa pandemi covid-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PsikologiKreatifInovatif

Publisher

Subject

Humanities Public Health Social Sciences Other

Description

Innovative Creative Psychology as publication of scientific articles in the field of Psychology, both Clinical Psychology and Industrial ...