Mutu adalah suatu derajat kesempurnaan pelayan rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan masyarakat konsumen akan pelayanan kesehatan yang sesuai standar profesi. Indikator mutu pelayanan IGD dapat dilihat dari standar pelayanan minimal rumah sakit. Sedangkan dimensi mutu pelayanan terdiri dari lima unsur yaitu tangibel, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan dengan dimensi mutu pelayanan. Desain penelitian ini adalah cross sectional, pengambilan sampel sebanyak 100 responden dengan skala ukur ordinal. Hasil penelitian didapatkan capaian SPM 75% tercapai, dimensi mutu tangibel 54% baik, dimensi mutu reliability 83% baik, dimensi mutu responsiveness 83% baik, dimensi mutu assurance 56% baik dan dimensi mutu empathy 62% baik. Dari hasil uji statistik chi square diperoleh hasil p value dimensi mutu = 0,419 >0,05. Kesimpulan : tidak ada hubungan antara mutu pelayanan dengan dimensi mutu. Kata Kunci : Mutu Pelayanan, Dimensi Mutu
Copyrights © 2015