Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) telah dimulai, tentunya ini membuka banyakpeluang dan juga memberikan ancaman bagi kelangsungan UKM Kabupaten Batang. Peluangyang ada adalah perluasan pangsa pasar, sedangkan ancaman yang ada adalah rontoknyaUKM Kabupaten Batang karena kalah bersaing dengan usaha sejenis dari negara-negaraASEAN yang tergabung pada MEA, yang tentunya akan memicu pada peningkatan angkapengangguran, angka kemiskinan serta angka kriminalitas.Penelitian ini bermaksud untukmembangun sebuah media komunikasi yang akan mensinergikan lembaga pemerintahan,lembaga keuangan dan lembaga riset yang dapat dimanfaatkan UKM Kabupaten Batanguntuk meningkatkan daya saingnya. Dengan adanya media komunikasi tersebut maka UKMKabupaten Batang batik akan memiliki keunggulan dalam bersaing di era MasyarakatEkonomi ASEAN (MEA) melalui percepatan informasi yang bisa diterima, baik berupainformasi pembiayaan dari lembaga keuangan, informasi pelatihan - dukungan pengembanganpasar dari lembaga pemerintahan dan informasi pengembangan produk - peningkatan kualitasdari lembaga riset.Ada ratusan UKM Kabupaten Batang yang bisa mendapatkan manfaat daripenelitian ini. Dengan memiliki keunggulan dalam percepatan informasi yang diterima UKMKabupaten Batang dari berbagai istansi maka akan menciptakan daya dorong untukpeningkatkan daya saing UKM Kabupaten Batang sehingga bisa meraih banyak peluang diera MEA ini dan secara tidak langsung akan berdampak pada peningkatan kesejahteraanpenduduk Kabupaten Batang.
Copyrights © 2017