Pelayanan yang prima merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan suatu organisasidalam meningkatkan kualitas pelanggan. Kualitas layanan yang baik dipandang menjadisalah satu faktor mencapai keunggulan kompetitif sehingga mampu meningkatkankepuasan pelanggan. Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintudan TenagaKerja (DPMPTSP & NAKER) kabupaten Batang merupakan suatu badan yang mengaturpelayanan dalam pemberian izin mendirikan usaha. Terlihat jelas sampai saat ini kondisipelayanan publik di Indonesia selalu membuat masyarakat tidak puas karena birokrasinyayang berbelit, lamban, melelahkan bahkan tidak adanya kepastian biaya dan waktu pelayananyang dikelola administrasi negara, sehingga ketidak pastian ini sering menjadi penyebabmunculnya praktek KKN dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Adanya umpan baliklayanan dan keluhan dari masyarakat secara langsung atau dari kebutuhan masyarakat dalammengurus perijinan merupakan alat untuk mengukur kepuasan masyarakat. Kepuasan danketidakpuasan dalam mengurus perijinan merupakan dampak dari perbandingan antaraharapan masyarakat dengan kinerja yang diperoleh dalam penyelenggaraan pelayanan.Hasil penelitian layanan perijinan berbasis web menunjukkan bahwa prinsip dan standarpelayanan perizinan yang didukung oleh teknologi informasi berbasis web mampumeningkatkan pencapaian kepuasaan masyarakat melalui Standar Pelayanan Prima yangtelah ditetapkan secara utuh dan menyeluruh, yang terdiri atas dimensi waktu, biaya,moral, dan kualitas.
Copyrights © 2017