OVOP (One Village One Product) menjadi salah satu program yang diunggulkan dalampemerintahan Kabupaten Batang. Program yang di awali dari ketertarikan seorang GubernurJepang dalam rangka mensejahterakan masyarakat desa ini cukup memberikan perhatianmasyarakat di Indonesia. Melalui program OVOP diharapkan dapat mewujudkanpertumbuhan ekonomi sebuah Bangsa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untukmenggali informasi terkait (1) Bentuk pelaksanaan program OVOP di Kabupaten Batang,(2) Strategi pemerintah dalam pemberdayaan UMKM berbasis OVOP di Kabupaten Batang,(3) Teknik pemberdayaan UMKM di Kabupaten Batang yang mampu menggerakkanekonomi berkearifan lokal. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kualitatif, yangberdesain studi kasus. Penelitian dibatasi pada UMKM berbasis OVOP di KabupatenBatang, yang diambil dua UMKM. Keduanya merupakan UMKM Batik Bagus Warna Alamdan UMKM Kerajinan Kulit Masin. Teknik pengumpulan data dilakukan denganwawancara, observasi dan kajian dokumen. Teknik analisis data dilakukan melalui analisisdomain Spradley. Uji keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknikkredibilitas data. Teknik kredibiltas data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi.Adapun triangulasi yang diambil terdiri adalah triangulasi waktu, sumber dan pengumpulandata.
Copyrights © 2019