Pelayanan kesehatan yang bermutu yaitu yang sesuai dengan standar profesi dan standarprosedur operasional merupakan kondisi yang sangat diharapkan oleh masyarakat. Selainitu masyarakat juga berharap untuk memperoleh layanan kesehatan yang efektif dan efisiensehingga pasien terhindar dari kerugian fisik maupun materi. Beberapa permasalahan dimasyarakat yang banyak dijumpai terkait dengan pelayanan kesehatan adalah sepertikesulitan dalam mengakses informasi mengenai fasilitas layanan yang ada sampai masalahtidak lengkapnya data lokasi rumah sakit maupun puskesmas terdekat, sehingga pasienmemerlukan waktu untuk mencari lokasi fasilitas kesehatan terdekat. Penelitian yangdilakukan bertujuan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang selama iniditemukan dengan cara mengembangkan Sistem Informasi Geografis (SIG) FasilitasKesehatan khususnya Rumah Sakit dan Puskesmas Kabupaten Batang berbasis TIK(Teknologi Informasi dan Komunikasi) sebagai sarana manajemen pelayanan kesehatanyang bertujuan untuk meningkatkan akses, efisiensi, efektivitas, serta kualitas pengolahandata fasilitas layanan kesehatan yang tersedia.
Copyrights © 2020