Subyek penelitian adalah 34 peserta didik kelas IXC SMPN 1 Kandeman. Penelitian terdiri atas dua siklus masing-masing siklus terdapat dua kali pertemuan. Setiap siklus menggunakan empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Tindakan dilaksanakan pada bulan September s.d Desember 2018. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1)TPS dapat diimplementasikan pada pembelajaran IPS Kelas IX C SMPN 1 Kandeman, ada peningkatan rata-rata dari enam tahapan TPS, pada siklus 1 rerata 64,58 (baik) dan siklus II rerata 83,80 (sangat baik); (2) Ada peningkatan rata-rata enam indikator amatan karakter gotongroyong peserta didik, pada siklus I rerata 67,65 (Baik), dan Siklus II rerata 83,10 (Sangat Baik); (3)Ada peningkatan rata-rata dari enam indikator amatan keterampilan berkomunikasi peserta didik, pada siklus I rerata skor 56,10 (terampil) dan siklus II rerata skor 83,80 (sangat terampil); (4) Ada peningkatan ketuntasan hasil belajar IPS peserta didik, pada siklus I ketuntasan belajar 50,00% dengan rerata nilai 70,45 dan siklus II 88,24% dengan rerata nilai 85,00. Penelitian sudah mengupas hasil belajar secara komprehensif, sehingga dapat dijadikan acuan untuk penelitian sejenis.
Copyrights © 2021