RISTEK: Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang
Vol 6 No 1 (2021): RISTEK :Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang

INTERAKTIF MOBILE LEARNING MODULE TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL LOMBA DI KABUPATEN BATANG UNTUK MENINGKATKAN REPRESENTASI VEKTOR MATERI MOMENTUM: SEBUAH ALTERNATIF PEMBELAJARAN JARAK JAUH FISIKA SMA

Yeni Rima Liana (SMA Negeri 2 Batang)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kelayakan dan keefektifan Interaktif Mobile Learning Module terintegrasi kearifan lokal lomba di Kabupaten Batang terhadap peningkatan representasi vektor materi momentum peserta didik. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua orang dosen sebagai validator ahli, enam orang guru fisika dan 108 peserta didik kelas XI SMAN 2 Batang. Instrumen penelitian ini berupa angket validasi ahli, angket respon guru, angket respon peserta didik, dan tes tertulis. Validasi instrumen tes menggunakan Aiken’s V. Teknik analisis uji kelayakan media menggunakan kategori penilaian baku skala lima, sedangkan uji keefektifan media menggunakan analisis uji Multivariate Test pada General Linear Model (GLM). Penilaian instrumen tes kemampuan representasi vektor materi momentum Interaktif Mobile Learning Modul, berada pada kriteria valid. Analisis hasil uji keefektifan Interaktif Mobile Learning Module memeroleh nilai MD sebesar -37,331 dengan taraf Sig.<0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kemampuan representasi vektor materi momentum sebelum dan sesudah menggunakan Interaktif Mobile Learning Module

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ristek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Ruang Lingkup RISTEK: Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang adalah sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian dan issue - issue yang berkualitas dalam bidang Ekonomi, Pariwisata, Teknologi Informasi, Pendidikan, Kesehatan, dan Lingkungan namun tak terbatas ...