Kegiatan praktikum IPA selama ini berhasil membuat rasa keingintahuan siswa meningkat. Namun, di masa pandemi seperti sekarang, kegiatan praktikum di laboratorium tidak dapat dilakukan. Padahal, teori dan praktik pada IPA tidak dapat dipisahkan. Untuk mendukung peningkatan pemahaman siswa di masa pandemi, diperlukan keterampilan proses sains siswa dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu upayanya adalah menerapkan praktikum dengan metode kitchen preparation, yaitu praktikum dengan memanfaatkan alat dan bahan yang ada di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa pada praktikum klasifikasi materi dengan metode kitchen preparation di masa pandemi. Merupakan penelitian kualitatif dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Limpung, tahun pelajaran 2021/2022. Data diperoleh dari hasil laporan praktikum siswa, obserasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data berupa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat mengikuti kegiatan praktikum di rumah. Keterampilan proses sains pada kegiatan praktikum tercapai dengan baik. Metode kitchen preparation dapat menjadi solusi kegiatan pembelajaran di era pandemi.
Copyrights © 2021