Latar belakang yang mendorong dalam penelitian ini adalah berbagai macam kendala pembelajaran jarak jauh yang dialami siswa sekolah dasar dimasa pandemic di SDN Ngasikerso kecamatan Sumowono. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa saat proses pembelajaran jarak jauh. Jenis penelitian ini kualitatif metode diskriptif, subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Ngadikerso II Sumowono, sumber data diperoleh melalui wawancara, dokumen dan pengisian angket. Pengecekan data dengan cara trigulasi tehnik dan sumber, sedangkan tehnik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran jarak jauh,kesulitan yang dialami siswa dipengaruhi oleh factor internal dan factor eksternal yeng saling berkaitan, factor internal siswa berkaitan dengan sikap siswa saat mengikuti pembelajaran jarak jauh, sedangkan factor eksternal berkaitan dengan gangguan yang dialami siswa saat mengikuti pembelajaran, fasilitas penunjang siswa¸metode pembelajaran jarak jauh yang kurang fleksibel sehinga siswa merasa bosan.Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh, Sekolah Dasar
Copyrights © 2022