Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai konsep dalam pembelajaran seni bagi peserta didik dalam jenjang pendidikan usia dini. Pembelajaran seni atau pendidikan seni seringkali mendapat paradigma sebagai pembelajaran yang tidak cukup penting dibandingkan mata pelajaran lain seperti matematika, ilmu pengetahuan alam dan pelajaran eksakta lainnya. Hal ini kemudian membuat pelajaran-pelajaran seni terkadang tidak mendapat perhatian, namun realitanya pembelajaran seni khususnya dalam pembelajaran pada jenjang pendidikan anak usia dini memiliki fungsi yang penting dalam mengembangkan dan menguatkan kecerdasan kognitif serta dalam pengembangan pola kreatifitas bagi anak-anak. Sehingga pembahasan mengenai betapa pentingnya pembelajaran seni, penting untuk dilakukan. Penulisan artikel ini merupakan hasil pengembangan gagasan pemikiran yang dipadukan dengan hasil penelitian berlandaskan model kajian pustaka mengenai literatur-literatur penting berkaitan dengan penelitian terdahulu mengenai pembelajaran seni dan pendidikan anak usia dini. Berdasarkan hasil analisis data, konsep pembelajaran seni memiliki peranan yang penting dalam membangun pengetahuan dan keterampilan dalam menguatkan kreatifitas. Fungsi yang terkandung didalamnya lebih mengedepankan kemampuan dalam mengekspresikan diri, karena melalui seni anak-anak mengekspresikan dan mengkomunikasikan gagasan pemikirannya. Strategi pembelajaran seni pada anak-anak usia dini cenderung memperhatikan analisis karakteristik umum pada proses perancangan pembelajarannya. Diharapkan melalui penulisan mengenai konsep pembelajaran seni pada anak usia dini ini dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan yang menyeluruh mengenai peran seni dalam menunjang kemampuan dan keterampilan anak, serta dapat menjadi pustaka rujukan dalam penelitian-penelitian yang relevan dimasa depan.
Copyrights © 2022