Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 1 (2013)

The Effect of Background Music and Gender Differences on Students’ Reading Comprehension in Grade Eight SMP Negeri 4 Denpasar in the Academic Year 2013/2014

Sujaya, IGB Rama (Unknown)
Kerti Nitiasih, Putu (Unknown)
Ratminingsih, Ni Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2013

Abstract

Abstrak   Rendahnya kemampuan memahami bacaan oleh siswa SMP menjadi dasar dari penelitian ini. Tujuan penelitian adalah untuk menginvestigasi efek dari musik latar pada kemampuan memahami isi bacaan oleh siswa SMP. Selain itu, perbedaan jender siswa juga digunakan sebagai variabel moderator. Populasi penelitian tersebar pada sepuluh kelas dan melalui teknik sampel acak, di dapat dua kelas yang kemudian di kelompokkan menjadi grup eksperimen dan grup kontrol. Secara kesuluruhan, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 80 sampel. Untuk memeperoleh data penelitian, digunakan skor dari postes yang kemudian di olah dengan dua metode statistik yaitu statistik deskriptif dan inferensial. Di akhir investigasi, ditemukan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan memahami bacaan anatara siswa yang diajar dengan mengunakan perlakuan musik latar dengan siswa yang diajar tanpa musik latar (2) ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan memahami bacaan antara siswa perempuan dengan siswa laki – laki. (3) terdapat interaksi antara perlakuan musik latar dan teknik konvensional dan juga jender pada kemampuan membaca siswa SMP, (4) terdapat perbedaan yang signifikan pada siswa perempuan yang diberi perlakuan musik latar dengan siswa perempuan yang tidak diberi perlakuan musik latar, dan (5) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada siswa laki – laki yang diberi perlakuan musik latar dengan siswa laki – laki yang tidak diberi perlakuan dengan musik latar.   Kata Kunci: Musik latar, jender, pemahaman membaca, teknik mengajar konvensional.  

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jpbi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang Pendidikan Bahasa Inggris. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ...