Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Gambaran Subjective Wellbeing Pada Penyandang Tunanetra Di SLB A Lima Puluh Kota Sumatera Barat

Wahidah Fitriani (Institut Agama Islam Negeri Batusangkar)
Valen Oktarianda (Institut Agama Islam Negeri Batusangkar)
Yuliana Nelisma (Institut Agama Islam Negeri Batusangkar)
Junaida Sari Hasibuan (Institut Agama Islam Negeri Batusangkar)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui rasa kenikmatan hidup, perasaan positif dan negatif yang dialami oleh 3  orang penderita tunanetra di SLB A Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara wawancara dan observasi. Subjek pada penelitian ini yaitu 3 orang yang menderita tunanetra. Informan dalam penelitian ini terdiri atas 5 orang informan, yaitu 3 orang siswa tunanetra, 1 orang guru asrama dan 1 orang teman asrama dari penyandang tunanetra. Adapun teknik analisis data meliputi reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi sumber dan triangulasi metode digunakan untuk menjamin keabsahan data. Hasil penelitian yaitu: (1) Ketiga  orang menderita tunanetra dengan inisial N, MK, dan RF memiliki kepuasan hidup. (2) Penyandang tunanetra yang berjumlah 3 orang di SLB A Lima Puluh Kota memiliki perasaan positif. (3) Perasaan negatif pun dimiliki oleh ketiga orang penyandang tunanetra di SLB A Lima Puluh Kota.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...