Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Perbedaan Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI yang Tinggal di Kos dengan yang Tinggal di Rumah Pada SMK Abdurrab Pekanbaru

Nurlina (Universitas Riau)
Tri Umari (Universitas Riau)
Elni Yakub (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2022

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan tindakan individu untuk menunda-nunda tugas akademik atau kinerja akademik. Prokrastinasi akademik dapat menjadi salah satu penghambat proses aktivitas akademik siswa prokrastinasi akademik dapat dilakukan oleh siapapun termasuk siswa SMK Abdurrab Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan tingkat prokrastinasi akademik siswa yang tinggal di kos dengan yang tinggal di rumah bersama orangtua. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh kelas XI jurusan TLM dan FKK bertempat tinggal di kos sebanyak 49 siswa dan bertempat tinggal di rumah bersama orangtua sebanyak 81 siswa. Instrumen yang digunakan adalah skala prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan uji beda Independent T-Test. Untuk analisis menggunakan SPSS Versi 22. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis ditolak artinya tidak ada perbedaan yang signifikan tingkat prokrastinasi akademik siswa yang tinggal di kos dengan yang tinggal dirumah bersama orangtua, dimana tingkat prokrastinasi akademiknya sama-sama berada pada kategori sedang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...