Indonesian Journal of Primary Education
Vol 6, No 1 (2022): Indonesian Journal of Primary Education (IN PRESS)

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Media Animasi terhadap Motivasi Belajar IPS Murid Kelas V SD Inpres Tattakang

D, Darmawati (Unknown)
Nawir, Muhammad (Unknown)
Quraisy, Hidayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2022

Abstract

Kurangnya motivasi belajar IPS pada murid kelas V SD Inpres Tattakang, sehingga murid kurang tertarik dan banyak yang bermain ketika pembelajaran berlangsung  . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbasis media animasi terhadap motivasi belajar IPS murid kelas V SD Inpres Tattakang Pallangga. Jenis penelitian ini adalah eksperimen  desain quasi eksperimen non equivalent control group design. Teknik sampling menggunakan random sampling.  Sampel dalam penelitian ini adalah kelas Va yang berjumlah 27 orang sebagai kelas kontrol dan kelas Vb yang berjumlah 28 orang sebagai kelas ekperimen. Jenis pengumpulan data menggunakan angket motivasi untuk mengukur motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Manova, yang sebelumnya diuji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menujukkan peningkatan motivasi belajar IPS,  hasil uji manova angket motivasi diperoleh nilai sig. 0,00 0,05 (lebih kecil dari 0,05) dengan level kepercayaan 95% maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbasis media animasi terhadap motivasi belajar murid kelas V SD Inpres Tattakang Pallangga. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbasis media animasi memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar IPS murid kelas V SD Inpres Tattakang. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJPE

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Primary Education adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan dasar dan pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, ...