ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3 No 1 (2022): ELIPS, Maret 2022

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LIPA SA’BE MANDAR BERBASIS DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Reskiah Reskiah (Universitas Al Asyariah Mandar)
Abd Kadir (BPSDM Sulawesi Barat)
Muhammad Adam (Komunikasi Penyiaran Islam, FDK, IAI DDI Polman)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan Media Lipa Sa’be Mandar Berbasis Digital terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah matode eksperimen dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN Satap Piriang. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas kemudian uji hipotesis menggunakan uji t-test. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN Satap Piriang pada kelas VIII semester genap tahun ajaran 2020/2021.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diperoleh dari post-test pada kelas eksperimen atau dengan menggunakan strategi student team heroic leadership adalah 72,865, dan kelas kontrol 63,296. Adapun hasil perhitungan hipotesis didapatkan nilai thitung = 3,506 kemudian nilai tersebut dibandingan dengan nilai ttabel = 1,675. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa thitung> ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media lipa sa’be mandar berbasis digital berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...