Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 3 No. 2 (2018): June

MENGENAL GENERASI MILINEAL GUNA KESIAPAN TENAGA PENDIDIK DAN DOSEN DI INDONESIA

Muh Husyain Rifai (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Tulisan ini berisi tentang generasi millenial yang tengah tumbuh menjadi dewasa pada tahun 2018 yang memilikikarakteritik berbeda dari generasi lainnya. Seorang pendidik maupun dosen yang mengajar di perguruan tinggi harus mengetahui karakter dan kebiasaan yang melekat pada generasi ini yang saat ini menjadi mahasiswa. Generasi milienal adalah suatu kelompok demografi setelah Generasi X yang lahir pada awal 1980-an dan pertengahan tahun 1990-an dan berakhir pada tahun 2000-an. Milenial kadang-kadang disebut sebagai "Echo Boomers" karena adanya 'booming' (peningkatan besar) tingkat kelahiran di tahun 1980-an dan 1990-an. Generasi ini memiliki karakter; (1) User Generated Content (UGC)lebih dipercaya oleh kaum millennials ketimbang informasi satu arah, (2)Memiliki akun sosial media sebagai alat komunikasi dan pusat informasi; (3) Minat membaca secara konvensional kini sudah menurun karena lebih memilih membaca lewat smartphone;dan (4) Memilih ponsel daripada televisi, sebab menonton acara televisi bukan lagi menjadi sebagai hiburan karena apapun bisa mereka temukan di smartphone.Dalam menghadapi generasi ini, kita di tuntut untuk mampu dalam penguasaan ilmu dan teknologi yang senantiasa mengikuti kemajuan zaman.Kurikulum pembelajaran juga diselaraskan dengan permintaan dunia kerja yang menuntut kemampuan psikomotor dan tidak lagi mendasarkan pada aspek kognitif.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Edudikara

Publisher

Subject

Other

Description

Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal ilmiah berskala nasional yang dikelola oleh Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia cabang Surakarta (IPTPI Surakarta). Edudikara terbit berkala per 3 bulan sekali, yakni Maret, Juni, September, dan ...