Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN DAYA NALARSISWA

Mulyaningrum Lestari (IAIN Kudus)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran talking stick berbantuan CD pembelajaran terhadap kemampuan daya nalar siswa kelas X. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus, Pati. Sampel penelitian ini diambil secara cluster random sampling dan terpilihkelas X.C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran talking stick berbantuan CD pembelajaran, dan kelas X.D sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran ekspositori. Analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, proporsi, dan perbedaan rerata. Hasil penelitian menunjukkan: 1) hasil kemampuan daya nalar kelas eksperimen dapat mencapai ketuntasan minimal siswa sebesar 88,46 %;2) rata-rata kemampuan daya nalar kelas eksperimen yaitu 78 lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 75,30; Saran penelitian ini: model pembelajaran talking stick berbantuan CD pembelajaran dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran materi dimensi tiga.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmtk

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) has number of P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186, it is to provide the latest scientific articles based on Teaching and Learning, Instruction, Curriculum Development, Learning Environments, Teacher Education, Educational Technology, Educational Developments, ...