Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)

Analisis Validitas Isi Butir Soal PTS mapel Matematika Wajib kelas XI MA NU TBS Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019

budi utomo (Kemenag Kudus)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2022

Abstract

Dalam kurikulum 13 ada istilah yang baru dalam mengukur kemampuan para peserta didik di tengah semester dengan sebutan PTS (Penilaian Tengah Semestar) yang pada kurikulum sebelumnya disebut UTS.  Pembuatan soal PTS ini dilaksanakan oleh guru mapel masing-masing. Soal yang telah dibuat sebagai salah satu alat untuk mengevaluasi terhadap pembelajaran di kelas, tentunya harus sesuai dengan silabus yang ada pada kurikulum saat ini. Selama ini di MA NU TBS dalam pembuatan soal PTS khususnya Matematika, belum pernah dianalisis isi soalnya terkait dengan kesesuaian antara tiap butir soal dengan silabus yang ada pada kurikulum 13 saat ini atau dengan kata lain analisis validitas isi terhadap butir-butir soal tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk diadakan penelitian tentang analisis butir soal PTS tersebut.                Dari hasil penelitian terhadap satu paket soal yang dibuat oleh guru mapel Matematika Wajib kelas XI  diperoleh bahwa secara umum tiap soal yang ada sudah sesuai dengan silabus yang ada pada kurikulum 13. Namun dalam penulisan soal masih perlu ketelitian, karena masih ada beberapa soal yang tidak ada jawaban di obtionnya, disamping itu juga perlu kecermatan dalam menuliskan simbol-simbol yang terdapat dalam soal PTS tersebut dan kesesuaian bahasa atau kalimat yang digunakan dalam soal tersebut.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmtk

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) has number of P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186, it is to provide the latest scientific articles based on Teaching and Learning, Instruction, Curriculum Development, Learning Environments, Teacher Education, Educational Technology, Educational Developments, ...