Jurnal Keperawatan Muhammadiyah
Vol 7, No 1 (2022): JURNAL KEPERAWATAN MUHAMMADIYAH

Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Kinerja Perawat Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Rumah Sakit Umum Elim Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan

Catherine Natawirarindry (Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia)
David Nakka Gasong (Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia)
Arnadya Dwifebrikiranti Feirenz (Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, Universitas Kristen Satya Wacan, Salatiga, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2022

Abstract

Kepuasan pasien merupakan salah satu faktor yang dapat dijadikan acuan dalam meningkatkan pelayanan berkualitas di rumah sakit. Salah satu bidang layanan di rumah sakit adalah layanan keperawatan. Kepuasan pasien terhadap kinerja perawat di sebuah rumah sakit penting dalam memberikan gambaran keseluruhan tentang kualitas pelayanan kesehatan, khususnya di ruang rawat inap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pasien terhadap kinerja perawat selama masa pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Elim Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif menggunakan pendekatan Cross Sectional. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Elim Rantepao, pada bulan September 2021 hingga bulan Oktober 2021. Sampel penelitian ini adalah 90 pasien laki-laki dan perempuan yang sedang dirawat inap di ruang Lavender, ruang Mawar, dan ruang Asoka. Kuisioner Tingkat Kepuasan pasien dari (Nursalam, 2014) digunakan didalam penelitian ini untuk mengukur tingkat kepuasan pasien terhadap kinerja perawat selama masa pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap kinerja perawat selama masa pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Elim Rantepao dinilai berdasarkan lima dimensi kepuasan, yaitu Tangibility (bukti fisik), dimensi Reliability (handal), dimensi Responsiveness (tanggap), dimensi Assurance (jaminan) dan dimensi Empaty (perhatian), dengan persentase tertinggi sebesar 72,2%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JKM

Publisher

Subject

Health Professions Nursing

Description

Jurnal Keperawatan Muhammadiyah (JKM) adalah jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini akan menerbitkan artikel penelitian, studi kasus, literature review dan update ilmu keperawatan meliputi seluruh ...