Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain game dalam handphone terhadap minat belajar siswa di Madrasah Diniyah Mishbahul Islam Padeg Cerme Gresik. Penelitian ini berjenis kualitatif. Metode penelitian yaitu menggunakan metode angket atau kuesioner dan dokumentasi, subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 dan wali murid Madrasah Diniyah Mishbahul Islam, yang diambil secara keseluruhan siswa sebagai responden pengisian angket atau kuesioner.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat persamaan antara temuan hasil angket responden siswa dan temuan hasil angket orang tua respoden diantaranya: 1) Responden berminat dengan game tajwid karena sesuai dengan pelajaran dan menyenangkan, responden sebelumnya belum pernah memainkan game edukasi. 2) Perangkat yang digunakan yaitu Smartphone/Hp. 3) Responden memainkan game tajwid dengan menggunakan Smartphone/Hp orang tua. 4) Orang tua selalu menyarankan dan mengingatkan putra-putrinya untuk selalu belajar sambil bermain guna untuk mempelajari ilmu tajwid. 5) Orang tua responden selalu mendukung putra-putri mereka dengan cara meminjamkan Hp(Smartphone)nya. 6) Orang tua responden akan memberikan hadiah apabila putra-putri mereka dapat meningkatkan nilai mata pelajaran tajwidnya. Bermain game tajwid mempunyai pengaruh yang baik terhadap meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Diniyah Mishbahul Islam Padeg, sehingga siswa senantiasa mendapatkan peluang untuk mencapai prestasi.
Copyrights © 2021