Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 1 No. 2 (2021): Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Pengembangan Media Maze Kotaku untuk Menstimulasi Kemampuan Memecahkan Masalah pada Anak Usia 4-5 Tahun

Anik Lestariningrum (PG-PAUD Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Niken Ayu Saptiwi (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2021

Abstract

Tahapan berpikir pra-operasional merupakan saat anak-anak membutuhkan sebuah media pembelajaran yang dapat menggabungkan pola pikir sederhana terutama dalam kemampuan mencari solusi dari masalah yang dihadapi. Anak terbiasa dengan bimbingan dan pendampingan yang sangat ketat dari orang dewasa disekitarnya membuat tidak memiliki kebebasan menentukan pilihan sendiri. Permasalahan ini dihadapi oleh anak di lembaga PAUD Darussalam Jabon dari 13 anak capaian kognitif terkait kemampuan memecahkan masalah hanya 4 anak yang memperoleh BSH sedangkan 2 anak dalam kategori MB dan 7 anak BB. Analisis kebutuhan dilakukan ditemukan kebutuhan media pembelajaran yang perlu diinovasi sehingga dapat menumbuhkan minat anak mencapai kemampuan memecahkan masalah sederhana. Desain penelitian adalah R & D dengan mengadopsi Borg & Gall yang digunakan hanya sampai 4 tahapan dengan keterbatasan penelitian dimiliki yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk dan validasi desain. Hasil penelitian yang diharapkan adalah prototype terkait desain dan panduan media pembelajaran maze kotaku yang akan digunakan dalam pengembangan kemampuan kognitif anak fokus pemecahan masalah. Diharapkan desain hasil produk yang divalidasi nantinya dapat digunakan dalam tahapan selanjutnya. Kata Kunci: memecahkan masalah, maze kotaku, anak usia 4-5 tahun.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

piaud

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Physics Other

Description

Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini receiving research results in various fields related to Early Childhood Education including Cognitive Development, Development of Moral and Religious Values, Social-Emotional Development, Physical Motor Development, Language Development, Arts and ...