Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA)
Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah

Implementasi Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Kelas V pada Metode Lattice di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ar-Rohmah Glagahwangi Sugihwaras Bojonegoro

Firda Zakiyatur Rofiā€™ah (Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro)
Zulfatul Azizah (Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2021

Abstract

Pemilihan metode yang tepat merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran. Untuk itu mempelajari dan memahami setiap metode pembelajaran secara teliti menjadi kewajiban setiap guru. Metode lattice adalah metode perkalian yang menggunakan kisi untuk mengalikan dua angka yang multi digit. Metode ini bisa menjadi alternatif dalam pembelajaran perkalian. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan Pengumpulan data , Reduksi data, display data, Verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi pembelajaran matematika materi perkalian kelas V pada metode lattice dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: penanaman konsep dasar, pemahaman konsep, dan pembinaan keterampilan. Hambatan dalam pembelajaran yaitu: Kurangnya konsentrasi siswa dalam pembelajaran karena adanya siswa yang sering usil dan gaduh, Kurangnya siswa dalam menghafalkan perkalian. Serta solusinya yaitu guru memberikan pembiasaan kepada siswa dalam setiap pembelajaran matematika siswa harus menghafal perkalian satu persatu, agar siswa cepat dalam menghafal perkalian.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurmia

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini mencakup artikel penelitian asli dan artikel ulasan termasuk: Instruksi Madrasah Ibtidaiyah/ Pendidikan Dasar (ilmu pengetahuan alam, ilmu sosial, matematika, bahasa, kewarganegaraan, agama, pendidikan jasmani, dan seni), Penelitian dan Pengembangan Madrasah Ibtidaiyah / Pendidikan Dasar, ...