Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi
Vol 22 No 2 (2022)

PENINGKATAN KEPUASAN KONSUMEN PADA INDUSTRI RESTORAN DENGAN METODE QFD

Saiful Hendra (Mahasiswa Magister Teknik Universitas Mercubuana)
Indra Setiawan (Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana Jakarta)
Humiras Hardi Purba (Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana Jakarta)
Welly atikno (Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana Jakarta)
Ahmad Mico Wahono (Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana Jakarta)
Samuel Benny Dito (Departemen Pendidikan Matematika, Fakultas FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2022

Abstract

Kepuasan konsumen merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan pada sebuah perusahaan terutama pada perusahaan jasa. Kepuasan konsumen menjadi hal yang penting untuk memenangkan persaingan, seperti persaingan yang ketat saat ini. Restoran “DCBA” adalah salah satu dari bisnis restoran yang terus menerus melakukan tindakan perbaikan untuk dapat mengimbangi persaingan bisnis. Selama 27 tahun beroperasi, restoran ini merasa bahwa pelayanan yang diberikan belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan prioritas respon teknis untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode Quality Function Deployment. Melalui penelitian ini diharapkan restoran dapat menentukan prioritas dari respon teknis yang akan dilakukan, sehingga dapat menentukan urutan tindakan yang harus dilakukan untuk memenuhi kriteria kepuasan konsumen. Melalui kepuasan konsumen yang optimal, diharapkan pendapatan dari restoran meningkat. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner. Masing – masing responden menjawab pertanyaan terkait dimensi kualitas dan jasa yang dikembangkan berdasarkan lima dimensi kualitas. Penggolongan kriteria-kriteria tersebut seperti Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon teknis dengan bobot tertinggi adalah melakukan pelatihan. Prioritas respon teknis yang direkomendasikan untuk dilakukan perbaikan dengan melakukan pelatihan terhadap tenaga kerja dan membuat standar pelayanan. Hasil dari penelitian ini akan menjadi rekomendasi pada perusahaan dalam memperbaiki kinerja dan memberikan kepuasan pelanggan yang lebih baik lagi kedepannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matriks

Publisher

Subject

Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Matrik Journal is published by Industrial Engineering Department, Faculty of Engineering University of Muhammadiyah Gresik, twice a year in March and September. The purpose of this journal is to facilitate scientists, researchers and practitioners to publish original research articles or article ...