Journal of Economics Research and Social Sciences
Vol 3, No 1: February 2019

Analisis Tingkat Literasi Keuangan pada Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kerajinan Perak di Kotagede Yogyakarta

Joko Prihatin (Department of Economics, Faculty of Economics and Business, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta)
Ahmad Maruf (Department of Economics, Faculty of Economics and Business, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat literasi keuangan pada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) kerajinan perak di Kotagede Yogyakarta. Variabel-variabel bebas (independen) yang digunakan dalam penelitian ini adalah: jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan terakhir, lama usaha, dan omzet penjualan per-bulan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tingkat literasi keuangan pelaku UMKM kerajinan perak di Kotagede Yogyakarta, berada pada kategori sedang. Variabel yang mempengaruhinya adalah: usia, tingkat pendidikan terakhir, lama usaha, dan omzet penjualan per-bulan berpengaruh signifikan terhadap tingkat literasi keuangan pelaku UMKM kerajinan perak di Kotagede Yogyakarta.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jerss

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JERSS merupakan jurnal ilmiah yang dikelola Program Studi Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal ini berisikan penelitian-penelitian yang dilakukan oleh mahasiwa-mahasiswa dan berkolaborasi dengan para dosen dalam bidang studi ilmu ekonomi pembangunan. ...