Journal of Economics Research and Social Sciences
Vol 3, No 1: February 2019

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Petani dalam Menggunakan Pembiayaan As-Salam Pada Perbankan Syariah

Rista Suryadi (Department of Economics, Faculty of Economics and Business, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta)
Ayif Fathurrahman (Department of Economics, Faculty of Economics and Business, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat petani dalam menggunakan pembiayaan as-salam pada perbankan syariah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang berupa kuesioner dan wawancara kepada para petani di Desa Bangunjiwo, Kasihan, Bantul serta data sekunder berupa hasil kuesioner yang digunakan untuk menguji hipotesis. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel pengetahuan, promosi, lokasi dan minat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 92 responden. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa variabel pengetahuan, promosi dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat petani dalam menggunakan pembiayaan as-salam pada perbankan syariah. Hal ini dikarenakan petani di Desa Bangunjiwo, Kasihan, Bantul tidak memiliki pengetahuan mengenai perbankan syariah dan pembiayaan as-salam, para petani tidak pernah mendapatkan sosialisasi maupun promosi dari perbankan syariah mengenai pembiayaan as-salam, serta jarak rumah tinggal dengan kantor perbankan syariah yang sangat jauh dan sulit untuk dijangkau.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jerss

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JERSS merupakan jurnal ilmiah yang dikelola Program Studi Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal ini berisikan penelitian-penelitian yang dilakukan oleh mahasiwa-mahasiswa dan berkolaborasi dengan para dosen dalam bidang studi ilmu ekonomi pembangunan. ...