ULIN: Jurnal Hutan Tropis
Vol 6, No 1 (2022)

Upaya peningkatan produktivitas getah pinus (Pinus merkusii) menggunakan stimulansia ekstrak lengkuas (Alpinia galanga) dan jahe (Zingiber officinale)

Memory Andila (Universitas Riau)
Evi Sribudiani (Unknown)
Sonia Somadona (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Seiring dengan meningkatnya permintaan dunia terhadap komoditas getah pinus, maka salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produksi getah pinus yaitu menggunakan zat perangsang getah/stimulansia. Selama ini, dalam kegiatan penyadapan getah pinus digunakan stimulansia anorganik yang tetapi komponen utamanya adalah asam sulfat dan asam nitrat atau campurannya yang bersifat sebagai oksidator kuat yang dapat merusak kulit manusia, kayu dan lingkungan jika digunakan dalam jangka panjang dan secara berlebihan. Alternatif penggunaan stimulansia dari bahan alami yang aman, harga relatif murah, dan mudah didapat seperti lengkuas (Alpinia galanga) dan jahe (Zingiber officinale). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian stimulansia ekstrak lengkuas dan jahe terhadap peningkatan produktivitas getah pinus. Hasil penelitian ini menunjukkan produktivitas getah yang paling tinggi dihasilkan oleh pohon pinus menggunakan stimulansia organik jahe konsentrasi 50% yaitu sebesar 11,15 g/koakan/hari. Kualitas getah pinus yang memiliki mutu terbaik dihasilkan oleh stimulansia jahe, sedangkan pada penggunaan stimulansia lengkuas memiliki mutu II berdasarkan SNI 7837:2016.  Stimulansia organik lengkuas dan jahe bersifat aman bagi kesehatan pekerja, pohon, dan lingkungan  sehingga keuntungan yang diperoleh akan lebih besar. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui analisis biaya penggunaan stimulansia organik terhadap stimulansia anorganik dalam upaya meningkatkan produktivitas getah pinus. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

UJHT

Publisher

Subject

Environmental Science

Description

ULIN: Jurnal Hutan Tropis published by Forestry Faculty of Mulawarman University, which is published twice a year in March and September with p-issn 2599-1205 and e-issn 2599-1183. It contains articles of research or study of literature in the field of Forest Management, Forest Conservation, ...