Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo
Vol 5, No 2 (2021)

PELATIHAN PENERAPAN OUTDOOR ACTIVITY TERHADAP PERKEMBANGAN MULTIPLE INTELLEGENCE ANAK USIA DINI DI KECAMATAN BATUJAYA

Tedi Purbangkara (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Rahmat Iqbal (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Azhari Ali Ridha (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2022

Abstract

Pendidikan bagi anak usia dini merupakan pendidikan yang paling dasar bagi anak. Orang tua harus benar-benar paham dalam mendidikan anak karena pada tahap ini baik dalam memilih lembaga pendidikan bagi sang anak. Dalam pendidikan anak usia dini hendaknya memperhatikan kecerdasan yang dimiliki oleh anak. Karena kecerdasan setiap anak berbeda, olehkarena itu orang tua maupun pendidik anak usia dini harus mengenali kecerdasan yang dimiliki anak agar dapat mengarahkan dan mengembangkan kecerdasan yang dimiliki anak secara maksimal. Pembelajaran outdoor activity dalam meningkatkan perkembangan multiple intelligence mempunyai pengaruh besar dalam proses pembelajaran di sekolah. Banyak sekolah-sekolah yang sudah mengembangkan pembelajaran dengan konsep tersebut, Dan hasil yang dicapai adalah banyak siswa yang tadinya diperkirakan tidak dapat berhasil dalam studi mereka tenyata dapat dibantu, dan berhasil dengan baik berkat pengajaran dengan multiple intelligence yang digabungkan dengan outdoor activity. Demikian juga banyak guru yang tadinya merasa tidak dapat membantu anak didik karena mengajar dengan model yang sama terus-menerus ternyata dapat membantu anak didik untuk berhasil karena mereka dapat mengembangkan pengajaran yang bervariasi. Dalam pembelajaran outdoor activity dalam mengembangakan multiple intelligence setiap siswa harus paham dan tau bahwa setiap siswa mempunyai intelegensi yang berbeda dan siswa akan lebih mudah belajar dan dibantu belajar bila materi diajarkan dengan intelegensi mereka yang menonjol. dikarenakan intelegensi siswa di satu kelas berbeda-beda, maka guru perlu memasukkan dan mengolah materi yang akan diajarkan dengan Konsep pembelajaran outdoor activity dalam meningkatkan perkembangan multiple intelligence sesuai dengan intelegensi siswa-siswa tersebut. Guru perlu mengajar dengan model yang bervariasi dan ruang belajar yang tidak terbatas sehingga setiap siswa dapat dibantu secara tepat. Maka, sangat baik sebelum mengajar guru mencoba mengenali intelegesi apa saja yang dimiliki siswanya

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

JPMB (Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo) adalah journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian dosen, praktisi, dan Ahli kepada masyarakat dan penelitian terapan lainnya. Artikel-artikel yang dipublikasikan oleh LPPM UBT ...