Kajian ini mencoba menyajikan gambaran tentang problematika beserta tawaran solusinyadalam desain kurikulum pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era globalisasi yang mengantar pada era digital atau revolusi industry 4.0. Zaman mutakhir ini secara langsung maupun tidak langsung telah mengantarkan banyak perubahan dalam berbagai lini kehidupan pendidikan agama Islam. Terutama kaitannya dengan pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas, salah satu contoh dengan munculnya perkuliahan/pembelajaran daring/e-learning di dunia Pendidikan. Era globalisasi digital telah melahirkan fenomena disruption yang menuntut dunia pendidikan agama Islam untuk turut menyesuaikan diri. Pendidikan agama Islam kini dihadapkan pada tantangan, problem, tuntutan, dan kebutuhan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Sehingga perlu dilakukan pembaruan dan inovasi terhadap system penyelenggaraan termasuk kurikulum PAI. Desain materi dan penyediaan kompetensi sumber daya manusia, metode, serta sarana dan prasarana perlu ditata ulang agar dapat menghadapi tantangan sehingga dijadikan sebuah peluang. Jika tidak, pendidikan agama Islam akan semakin tertinggal dan usang. Sajian tulisan ini semoga menjadi salah satu langkah/solutif kongkrit agar dapat mengaplikasikan istilah ilmu amali amal ilmi.Kata Kunci: Kurikulum PAI; Problematika; Era Globalisasi
Copyrights © 2021