IndraTech
Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021

SOLUSI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI PUSARAN PROBLEMATIKA ERA GLOBALISASI

Syahri Kismanto (IAI Aswaja Rokan Hilir)



Article Info

Publish Date
15 May 2021

Abstract

Kajian ini mencoba menyajikan gambaran tentang problematika beserta tawaran solusinyadalam desain kurikulum pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era globalisasi yang mengantar pada era digital atau revolusi industry 4.0. Zaman mutakhir ini secara langsung maupun tidak langsung telah mengantarkan banyak perubahan dalam berbagai lini kehidupan pendidikan agama Islam. Terutama kaitannya dengan pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas, salah satu contoh dengan munculnya perkuliahan/pembelajaran daring/e-learning di dunia Pendidikan. Era globalisasi digital telah melahirkan fenomena disruption yang menuntut dunia pendidikan agama Islam untuk turut menyesuaikan diri. Pendidikan   agama   Islam  kini  dihadapkan   pada  tantangan,   problem,   tuntutan,   dan kebutuhan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Sehingga perlu dilakukan pembaruan dan inovasi terhadap system penyelenggaraan termasuk kurikulum PAI. Desain materi dan penyediaan kompetensi sumber daya manusia, metode, serta sarana dan prasarana perlu ditata ulang agar dapat menghadapi tantangan sehingga dijadikan sebuah peluang. Jika tidak,  pendidikan  agama  Islam  akan  semakin  tertinggal  dan  usang.  Sajian  tulisan  ini semoga menjadi salah satu langkah/solutif  kongkrit agar dapat mengaplikasikan istilah ilmu amali amal ilmi.Kata Kunci: Kurikulum PAI; Problematika; Era Globalisasi 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jit

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Control & Systems Engineering Library & Information Science Other

Description

Bidang keilmuan : Sistem Informasi, Jaringan Komputer, Sistem Terdistribusi, Telekomunikasi, Informatika, Sistem pakar dan Kecerdasan Buatan. Manajemen Pendidikan dan Sistem Ekonomi ...