Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
Vol 11, No 1 (2021): Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia

Analisis Perencanaan Strategi Bersaing Menggunakan Metode Matriks BCG Pada E-Commerce Shopee

Anika Ria Ningsih (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Anisa Rianti Putri (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Anita Anita (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Aulia Utari (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Vicky F. Sanjaya (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah study kasus pada perusahaan E-commerce Shopee di Indonesia pada tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan dan memetakan jenis-jenis produk dari setiap produk dalam Matriks Boston Consulting Group (BCG) yang digunakan untuk memformulasikan strategi bersaing secara efektif pada Perusahaan Shopee di Indonesia. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif dengan desain penelitian berupa study kasus pada perusahaan shopee dengan teknik pengambilan data menggunakan Teknik pustaka dengan data sekunder.. hasil penelitian diperoleh Tingkat pertumbuhan Pasar sebesar -0,09%, dan pangsa pasar relatif 2,9 1, sehingga perusahaan berada pada posisi Sapi Perah (Cash Cow) yang berarti memiliki pangsa pasar yang relatif tinggi tetapi bersaing dalam industri dengan pertumbuhan lambat. Berdasarkan Pemetaan Produk, Marketshare yang diperoleh shopee sebesar 8,75%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

SMBI

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Sains dan Manajemen Bisnis Indonesi adalah jurnal ilmiah dalam sains manajemen dan bisnis yang dikhususkan untuk publikasi hasil-hasil penelitian empirik maupun penelitian kepustakaan dalam bidang manajemen dan bisnis. Jurnal ini dikelola Oleh Magister Ilmu Manajemen dan Bisnis Universitas ...