Loyalitas konsumen terhadap suatu merek tertentu merupakan salah satu faktor penting bagi keberhasilan pemasaran suatu produk. Banyak produsen yang menggunakan strategi perluasan merek ketika meluncurkan suatu produk kategori baru untuk memanfaatkan loyalitas konsumen terhadap merek yang telah ada. Peluncuran suatu produk kategori baru dengan menggunakan merek yang telah ada bisa disikapi secara berbeda oleh para konsumen, sehingga memiliki kemungkinan mempengaruhi loyalitas mereka terhadap merek tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian non experiment yang menguji hipotesis adanya hubungan antara sikap terhadap perluasan merek dengan loyalitas merek. Dengan menggunakan teknik quota sampling, penelitian ini melibatkan 100 responden pengguna merek âCâ di kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara sikap terhadap perluasan merek dengan loyalitas merek (r = 0,519; p < 0,001). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sikap terhadap perluasan merek dapat mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap merek tersebut. Produsen perlu berhati-hati dalam menerapkan strategi perluasan merek ketika meluncurkan suatu produk baru karena dapat mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap produk dengan merek sama yang sudah lebih dulu ada.Kata kunci: perluasan merek, loyalitas merek, konsumen
Copyrights © 2011