Pandemi COVID-19 menyebabkan beberapa permasalahan di semua lini kehidupan, terkhusus di bidang pendidikan. kurangnya kemampuan pengaturan diri dalam belajar pada siswa menyebabkan permasalahan pada proses pembelajaran daring yang diterapkan selama masa pandemi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengaturan diri dalam belajar siswa dengan menggunakan strategi rencana pembelajaran individu (Individual Learning Plans). Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pelatihan, pendampingan peserta selama tujuh hari, dan evaluasi program. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah terjadi peningkatan pengaturan diri dalam belajar peserta PKM melalui pelatihan individual learning plan dan adanya perubahan perilaku belajar peserta PKM. Oleh karena itu pelatihan ILP efektif meningkatkan pengaturan diri dalam belajar siswa di masa pandemi. Pelatihan ini memberikan kontribusi pada ranah pendidikan bahwa kemampuan pengaturan diri dalam belajar yang dimiliki siswa dapat membantu siswa untuk menyelesaikan permasalahan belajar khususnya dalam pembelajaran daring di masa pandemi. Oleh karena itu dibutuhkan dukungan pihak sekolah dan guru agar kegiatan seperti ini dapat dijalankan secara berkala sehingga bisa mengevaluasi proses belajar siswa secara tepat.
Copyrights © 2022