JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Pengembangan Media Papan Tali Materi Menulis Kalimat pada Siswa Kelas III SDN Lirboyo 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2020/2021

Fuadi, Zul Afriza (Unknown)
Damariswara, Rian (Unknown)
Damayanti, Susi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan, bahwa guru pada kegiatan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Pada pembelajaran kedudukan media pembelajaran memiliki peranan penting karena dapat mempemudah proses pembelajaran seperti membuat suasana belajar yang tidak menarik menjadi menarik, siswa kurang memahami terkait unsur kalimat pada materi menulis kalimat. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran pada materi menulis kalimat. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan produk pengembangan media Pembelajaran Papan Tali pada materi menulis kalimat siswa kelas III SDN Lirboyo 2 Kota Kediri ?. (2) Bagaimana kepraktisan pengembangan Media Pembelajaran Papan tali pada materi menulis kalimat kelas III? . Tujuan penelitian ini unuk meningkatkan pemahan siswa pada materi menulis kalimat dengan menggunakan media papan tali. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu (1) Analisis, (2)Desain, (3) Pengembangan, (4) Penerapan, (5) Evaluasi. Subjek penelitian ini siswa kelas III SDN Lirboyo 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan 2 teknik analisis data yakni teknik analisis data kulitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Analisis data kualitatif diperoleh dari hasil validasi media dan materi. Sedangkan analisis ada kuantitatif diperoleh dari total skor dari validasi media, validasi materi dan angket respon guru. Pengembangan ini menghasilkan produk berupa media papan tali . Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Media papan tali menulis kalimat dinyatakan valid dan dapat digunakan karena memperoleh hasil validitas media sebesar 80% menyatakan sangat setuju dan hasil validasi perangkat pembelajaran sebesar 88%. (2) Media papan tali dinyatakan praktis dengan memperoleh respon guru dengan hasil 80% dinyatakan praktis dengan catatan penggunaan media dapat meningkatkan pemahaman siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...