Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 2 (2022): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022

Preservice Mathematics Teachers’ Performance and Challenges on Video-Based Microteaching Amid Pandemic

Dwi Shinta Rahayu (IAIN Kediri)
Eka Sulistyawati (IAIN Kediri)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2022

Abstract

Microteaching adalah kegiatan belajar dan mengajar bagi calon guru untuk mengembangkan ketrampilan mengajar dan sebagai media latihan untuk berinteraksi dengan siswa. Microteaching memberikan pengalaman mengajar kelas dalam skala kecil sebelum mengajar kelas yang sesungguhnya. Namun, karena situasi pandemi COVID-19 saat ini, pelaksanaan microteaching bergeser dari mode tatap muka di laboratorium microteaching ke mode pembelajaran jarak jauh dari rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja, kesulitan, dan tantangan calon guru matematika dalam microteaching berbasis video. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan melibatkan 54 calon guru matematika di IAIN Kediri. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara yang dilakukan pada bulan Februari-April 2021. Berdasarkan hasil penelitian, 24,07% calon guru matematika menunjukkan kinerja dalam kategori sangat baik, 20,37% dalam kategori baik, 29,63% dalam kategori sedang, dan 25,93% dalam kategori kurang baik. Terindikasi bahwa kesulitan kinerja hampir ditemukan pada semua aspek observasi, namun paling banyak ditemukan pada aspek pemberian apersepsi dan motivasi, penerapan pendekatan saintifik, dan penutupan pembelajaran, dan. Lebih lanjut terungkap bahwa calon guru matematika mengalami 3 tantangan besar, yaitu pedagogis dan psikologis, infrastruktur, dan teknis dalam membuat rekaman video microteaching.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...