Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022

Pengembangan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bentuk Aljabar

Rifda Ulfa Mukhtar (Universitas Riau)
Maimunah Maimunah (Universitas Riau)
Putri Yuanita (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan siswa melalui smartphone dengan pendekatan kontekstual materi bentuk aljabar untuk siswa SMP. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan kontekstual yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Uji ahli yang dilakukan dalam penelitian ini adalah memberikan penilaian terhadap komponen media dan materi. Media pembelajaran memperoleh kriteria sangat valid dengan skor 4,3 dan 4,4. Ini menunjukkan bahwa media pembelajaran mampu melakukan fungsi ukurnya sesuai dengan tujuan yang direncanakan dan layak untuk digunakan dalam kegiatan uji coba. Pada kegiatan uji coba, media pembelajaran mendapatkan kriteria sangat praktis dengan skor 4,3 yang menunjukkan bahwa media pembelajaran dapat digunakan dengan baik oleh pengguna.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...