Minimnya ketersediaan media pembelajaran inovatif yang mampu memuat materi secara efektif berdampak pada rendahnya motivasi belajar serta pemahaman siswa terhadap materi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk merancang media Fun Thinkers untuk siswa SD kelas II pada tema 2 bermain di lingkunganku yang teruji validitasnya. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian pengembangan (RnD). Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 2 orang ahli materi soal, 2 orang ahli media, 2 orang praktisi, dan 7 orang siswa kelas II SD. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuisioner dengan penyebaran instrumen rating scale berskala 5. Kemudian, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas media Fun Thinkers. Rata-rata skor ahli materi soal adalah 4.43, ahli media 4.93, dan praktisi 4.6. Sehingga, secara keseluruhan hasil validitas media Fun Thinkers berbasis soal kosakata berada pada rentangan 4,01 < x < 5,01 degan kualifikasi sangat valid. Berdasarkan analisis tersebut media Fun Thinkers berbasis soal kosakata untuk siswa SD kelas II pada tema 2 Bermain Di Lingkunganku layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi pada penelitian ini yaitu adanya media fun thinkers untuk siswa SD kelas II pada tema 2 bermain di lingkunganku memiliki kualifikasi sangat baik. Media ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada topik tema 2 bermain di lingkungan sekolah.
Copyrights © 2022